Wisata Pantai di Cilacap ini Cocok Jadi Destinasi Liburan!

Wisata Pantai di Cilacap
Pantai Kali Kencana (FOTO : www.facebook.com/ Cilacap Project)

Jatengkita.id – Cilacap, terletak di bagian selatan Jawa Tengah ini, memiliki sejumlah pantai yang menakjubkan. Pantai-pantai ini menjadi favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan atau sekadar melepas kepenatan. Apa saja ya wisata pantai cantik yang ada di Cilacap?

Salah satu pantai diantaranya masih mempertahankan keasriannya. Belum banyak yang mengetahui tentangnya dan hanya sedikit orang yang mengunjunginya. Beberapa pantai tersebut terletak di salah satu pulau terkenal di Cilacap, yaitu Pulau Nusakambangan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi dari Jatengkita mengenai destinasi pantai di Cilacap yang bisa menjadi pilihan ketika mengunjungi wilayah Cilacap.

  1. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu terletak di dalam wilayah kota Cilacap, khususnya di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan. Destinasi wisata ini menjadi primadona Kabupaten Cilacap, dengan jarak yang sangat dekat, hanya sekitar 2 Km, dari pusat pemerintahan atau pusat kota.

Pantai Teluk Penyu menawarkan pemandangan Pulau Nusakambangan dan kapal tanker pengangkut minyak sebagai daya tarik khusus.

Dengan pasir pantai dan pepohonan yang tumbuh, pantai ini memberikan kesejukan bagi para pengunjung.

Keindahan panorama laut di Pantai Teluk Penyu dapat dinikmati pada saat matahari terbit di pagi hari, dan wisatawan juga dapat menikmati pesona matahari terbenam di ujung sisi selatan pada sore hari.

  1. Pantai Sodong

Pantai Sodong, sebagai rekomendasi berikutnya, terletak di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, dengan jarak sekitar 28 Km dari pusat kota Cilacap.

Keindahan Pantai Sodong terlihat dari pemandangan alamnya yang dihiasi ribuan cemara laut, memberikan kesan sejuk dan asri.

Selain itu, pantai ini terletak di belakang bukit/Gunung Selok, menyuguhkan panorama alam bukit pegunungan. Beberapa orang juga mengunjungi tempat ini sebagai wisata religi karena terdapat goa di bawah bukit.

Pantai Sodong tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menyediakan beragam fasilitas seperti warung makanan, kolam renang, motor ATV, musala, dan berbagai wahana bermain anak-anak.

  1. Pantai Jetis

Jetis dikenal sebagai wisata pantai yang memiliki gelombang yang cukup besar, sehingga disarankan bagi pengunjung untuk lebih berhati-hati ketika beraktivitas di tepi pantai.

Meskipun begitu, pesona pantai ini menarik perhatian dengan menampilkan panorama ombak laut selatan yang indah, pemandangan alam pegunungan, dan kecantikan alur Sungai Bodo.

Tak hanya itu, area ini juga ditanami banyak pohon cemara laut untuk menghijaukan lingkungan. Oleh karena itu, Pantai Jetis sering disebut sebagai Pantai Cemara Sewu. Letaknya berjarak sekitar 40 km ke arah timur dari pusat kota Cilacap.

  1. Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana dapat dianggap sebagai salah satu penemuan tersembunyi di Pulau Nusakambangan, terletak di bagian selatan pulau.

Lokasi Pantai Kali Kencana terdapat di Pulau Nusakambangan, Kecamatan Tambakreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Meskipun rute dan medan menuju pantai ini masih cukup sulit, yang mungkin menjadi alasan mengapa jumlah pengunjungnya masih terbatas.

Namun, perjalanan yang melelahkan menuju tempat ini akan sebanding ketika Anda tiba. Anda akan menikmati pemandangan yang menakjubkan dan eksotis, dengan paduan pasir putih, air laut berwarna biru jernih, dan deretan pepohonan hijau yang mengelilingi pantai.

  1. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung merupakan objek wisata pantai dengan luas sekitar 500 hektar yang terletak di Desa Widarapayung Kecamatan Binangun atau 35 km arah Timur dari kota Cilacap.

Pantai Widarapayung Cilacap: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket | YanaCircle
FOTO : Yanacircle

Daya tarik dari Pantai Widarapayung yang bisa Anda nikmati yaitu barisan pepohonan kelapa dan cemara yang menyejukkan serta hamparan pasir hitamnya yang bersih dan berkilau.

Selain menikmati pemandangan di Pantai Widarapayung, Anda bisa menikmati berbagai kegiatan menarik, di antaranya menunggang kuda, bermain pasir, berfoto dengan pemandangan laut yang indah, dan berburu kepiting.

  1. Pantai Kamulyan

Pantai Kamulyan di Cilacap, yang terletak di Desa Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, menawarkan pengalaman wisata bahari yang menarik sebagai alternatif .

Daya tarik utama Pantai Kamulyan terletak pada karakteristiknya yang unik, seperti ombak yang besar dan pasir berwarna hitam yang lembut, menciptakan area yang populer bagi anak-anak untuk bermain pasir.

Tidak kalah menariknya adalah keindahan alam yang ditawarkan saat matahari terbenam dan terbit.

Momen tersebut menyuguhkan panorama alam yang sangat cantik dan memukau, menambah pesona khusus bagi pengunjung yang ingin menikmati keajaiban alam Pantai Kamulyan Cilacap.

  1. Pantai Karangpandan

Pantai Karangpandan menampilkan pasir berwarna putih dan terletak di ujung timur Pulau Nusakambangan. Untuk mencapai pantai ini, wisatawan harus menyeberang dari dermaga Teluk Penyu Cilacap ke dermaga Nusakambangan.

Setelah tiba di dermaga Nusakambangan, wisatawan dapat memilih antara berjalan kaki atau naik odong-odong menuju Karangpandan.

Jika memilih berjalan kaki, perjalanan menuju Pantai Karangpandan memakan waktu sekitar 30 menit. Namun, jangan mengira perjalanan tersebut akan membosankan.

Sepanjang rute, wisatawan akan melewati sebuah benteng peninggalan Belanda yang berusia ratusan tahun dan terkesan angker karena kondisinya yang kurang terawat.

Setelah melewati perjalanan tersebut, wisatawan akhirnya tiba di Pantai Karangpandan. Kelelahan setelah berjalan kaki sejauh itu akan terbayar dengan pemandangan pantai yang indah, berpasir putih, dan menyediakan tempat yang nyaman bagi wisatawan untuk bersantai.

  1. Pantai Permisan

Pantai yang terletak di sebelah selatan Pulau Nusakambangan dapat dijangkau dari dermaga kapal melalui perjalanan darat.

Pantai Permisan 🏖️ HTM, Rute, Foto & Ulasan Pengunjung

Menurut legenda yang berkembang, pantai ini diberi nama Permisan karena pada suatu masa, seorang perampok bermaksud berlabuh di Nusakambangan.

Pada saat itu, ia tidak melihat adanya pantai sebagai tempat berlabuh. Namun, setelah mengucapkan kata permisi, tiba-tiba ia menemukan sebuah pantai di mana kapalnya dapat bersandar. Sejak saat itu, pantai tersebut dikenal sebagai Pantai Permisan.

Pantai Permisan juga dikenal dengan sebutan Pantai Kopassus, karena digunakan sebagai lokasi latihan oleh pasukan Kopassus.

Oleh karena itu, di suatu batu karang di pantai tersebut, terdapat sebuah monumen yang menggambarkan pisau besar yang tertancap, dikenal sebagai Monumen Pisau Komando. Monumen ini melambangkan kekokohan dan keberanian para prajurit Kopassus dalam melaksanakan tugas mereka.

Berikut adalah beberapa saran destinasi pantai di Cilacap yang dapat menjadi panduan sebelum Anda merencanakan perjalanan ke kawasan tersebut.

Keindahan pantai yang menawarkan suasana yang tenang menjadi tempat yang sempurna untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Cilacap, terutama dengan ragam pantainya, menyuguhkan pengalaman liburan yang unik dan menyenangkan.

Diantara rekomendasi tersebut, setiap pantai memiliki pesona sendiri. Pantai yang masih jarang terjamah mungkin menjadi pilihan untuk mereka yang mencari keindahan yang alami dan sepi.

Berada di Pulau Nusakambangan, pantai tersebut menghadirkan pesona eksotis dengan suasana yang masih terjaga.

Seiring dengan menjelajahi rekomendasi tersebut, Anda akan menemukan kebahagiaan dalam momen-momen santai di tepi pantai Cilacap yang menakjubkan.

Jadi, persiapkan diri Anda untuk mengeksplorasi keindahan alam pantai yang menenangkan di Cilacap. Mau ajak siapa ke sana, lhur?

Baca Juga 9 Wisata Populer di Brebes ini Wajib Kamu Kunjungi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *