Tiga Kuliner Khas Banyumas yang Wajib Dicoba

  • Share

Jatengkita.id – Saat berkunjung ke suatu tempat hal yang paling berkesan salah satunya adalah mencicipi aneka  kulinernya. Keragaman kuliner yang memanjakan lidah tentu membuat setiap orang yang berkunjung menjadi lebih betah. Nah, pada kesempatan kali ini, kuliner yang akan dibahas adalah kuliner khas Banyumas. Jadi, simak baik – baik ulasannya, ya?

Inilah tiga kuliner khas Banyumas yang wajib dicoba:

  1. Mendoan
Foto: Sonora.id

Salah satu kuliner khas Banyumas yang paling digemari penduduk lokal maupun wisatawan adalah mendoan. Kata “mendoan” ini diambil dari kata “mendo” yang berarti setengah matang. Mendoan merupakan tempe yang digoreng setengah matang dibalut dengan campuran tepung beras dan tepung terigu. Adapun bumbu yang digunakan seperti, bawang putih, kunyit, kemiri, ketumbar dan garam dihaluskan kemudian dicampur dengan adonan tepung ditambah dengan irisan daun bawang.

Selanjutnya tempe dimasukkan dalam adonan yang sudah jadi dan digoreng dengan minyak panas. Setelah matang, tiriskan tempe mendoan dan sajikan dengan cabai rawit hijau atau sambal kecap. Hidangan tempe mendoan ini sangat enak dimakan selagi masih hangat. Bisa dijadikan untuk lauk saat makan dengan nasi ataupun makanan ringan bersama dengan teh atau kopi.

2. Soto Sokaraja

Foto: Craftlog

Jika melintas di Jalan Raya Sokaraja, maka sepasang mata Anda akan disuguhkan dengan deretan warung soto. Soto Sokaraja ini merupakan makanan andalan warga Banyumas. Sebab makanan ini sering kali disajikan saat lebaran atau resepsi pernikahan. Menu makanan tradisonal ini juga telah menjadi primadona di Indonesia. Saat ini, warung atau rumah makan Soto Sokaraja sudah tersebar di sejumlah kota – kota besar di tanah air.

Ciri khas Soto Sokaraja dalam penyajiannya adalah menggunakan ketupat serta bumbu kacang yang tercampur dalam kuahnya. Tak lupa juga ada imbuhan krupuk cantir yang terbuat dari bahan dasar singkong. Tambahan krupuk cantir warna warni ini menjadikan sajian soto semakin unik, menambah rasa gurih dan nikmat.

Soto Sokaraja dalam pembuatannya hampir sama dengan soto pada umumnya. Yaitu kuah kaldunya yang dimasak dengan daging sapi ditambahkan dengan racikan bumbu – bumbu dapur sehingga tercipta rasa yang khas dan warna kuahnya yang kekuningan.

Cara membuat kuah sotonya cukup mudah. Rebuslah daging sandung lamur sampai empuk. Kemudian angkat dagingnya dan dipotong kecil – kecil. Haluskan bumbu jahe, serai, dan lengkuas lalu tumislah bumbu hingga harum. Setelah itu angkat dan campurkan bersama kuah kaldu untuk dimasak hingga mendidih.

Penyajian Soto Sokaraja ini pada umumnya menggunakan mangkuk. Dalam satu mangkuk isiannya yaitu ketupat yang sudah dipotong kecil-kecil, irisan daging sapi, kecambah, soun, daun bawang, dan taburan bawang goreng. Lalu disiram dengan kuah kaldu sotonya. Jangan lupa tambahkan kerupuknya.

3. Gethuk Goreng Sokaraja

Buat Anda yang suka makanan manis, dan masih berada di sepanjang jalanan raya Sokaraja maka jangan sampai lupa untuk mencicipi kuliner manis dari bumi ngapak lainnya, yaitu gethuk goreng. Gethuk goreng merupakan olahan yang berbahan dasar dari singkong dan gula kelapa. Kemudian dimasak dengan cara digoreng sempurna hingga warna kuning kecoklatan. Jika dibayangkan rasa dari gethuk ini yaitu manis, legit dan gurih. Cocok banget buat teman ngemil bareng keluarga atau bersama teman – teman.   

Nah, itulah tiga kuliner khas Banyumas yang wajib dicoba, saat Anda berkunjung ke sana. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *