Khas Jawa Tengah, Buah Unik Ini Jarang Diketahui

  • Share

Jatengkita.id – Mendengar kata Jawa Tengah apa yang mungkin terpikirkan pertama kali oleh Anda? Jika mengenai tempat wisata sudah pasti Jawa Tengah memiliki sejumlah tempat wisata terkenal, seperti Lawang Sewu dan Kota Lama di Semarang, Candi Borobudur di Magelang, Baturaden di Banyumas serta berbagai tempat wisata menarik lainnya dapat Anda kunjungi disana. Selain berbagai tempat wisatanya yang menarik, Jawa Tengah juga memiliki sejumlah makanan khas yang terkenal enak dan patut Anda coba, seperti mendoan dan soto Sokaraja khas Banyumas serta lumpia dan tahu bakso khas Semarang.

Selain hal-hal diatas Jawa Tengah juga memiliki sejumlah buah-buahan khas yang pasti jarang ditemui di daerah lain. Mengkonsumsi buah-buah menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh masyarakat guna menjaga kesahatan tubuh apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Ada berbagai jenis buah-buahan khas Jawa Tengah yang dapat Anda coba ketika berkunjung kesana, mulai dari salak nglumut, wuni dan alkesa. Mendengar nama-nama buah tersebut pasti masih asing di telinga kita. Untuk mengenel lebih jauh mengenai buah-buahan tersebut berikut kami berikan ulasannya,

  1. Salak Nglumut
Foto : JP-News.id

Salak nglumut merupakan buah khas kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dinamakan salak nglimut karena pertama kali tumbuh di Desa Nglumut, Srumbung, Kabupaten Magelang. Buah salak nglumut disebut juga dengan buah salak pondoh super karena memiliki kualitas super dan rasa yang manis. Karena terkenal dengan kualitasnya yang baik, salak nglumut tidak hanya di pasarkan di Magelang dan sekitarnya, tetapi juga sampai di ekspor ke luar negeri seperti Singapura, Kamboja, China hingga ke Eropa.

Ciri dari buah salak nglumut sendiri berbentuk segi tiga atau bulat telur terbalik denganpangkal yang meruncing serta kulit berwarna cokelat kekuningan. Saat masih muda buah salak nglumut memiliki rasa manis agak asam sedikit dan setelah tua rasanya manis. Ukuran buah cukup besar dengan kisaran panjanag antara 2,5 cm-8 cm dan berat sekitar 70 g/buah. Untuk perawatan pohon salak nglumut tidaklah susah, sama seperti pohon salak pada umumnya. Salak jenis ini juga terkenal karena lebih aman dari seranagan hama tikus dibanding jenis lain.

2. Wuni

Foto : Pertanianku.com

Nama buah wuni pasti masih asing di telinga kita. Buah wuni juga dikenal dengan nama buah buni. Buah langka dengan nama Latin Antidesma bunius L ini mirip dengan buah anggur dan memiliki warna keungu-unguan Buah wuni memiliki cita rasa manis jika susah matang dan sedikit asam untuk buah yang memiliki warna kemerahan. Pohon buah wuni memiliki tinggi berkisar anatara 15-30 meter dan dapat tumbuh di dataran dengan ketinggian mencapai 1.400 mdpl.

Buah ini memiliki sejumlah khasiat yang baik bagi tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Buah wuni juga baik bagi saluran pencernaan tubuh dan dapat mencegah terjadinya kanker usus. Buah wuni juga memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata Anda. Bagi Anda yang menyukai perawatan kecantikan, buah wuni memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang baik bagi kulit Anda karena dapat meningkatkan proses regenerasi kulit, menutrisi kulit, serta meremajakan kulit Anda.

3. Alkesa

Satu lagi buah lokal khas Jawa Tengah yang jarang kita dengar, yaitu buah alkesa. Buah alkesa merupakan salah satu buah langka yang tengah gencar dibudidayakan oleh Pemerintahan Blora. Buah yang juga dikenal dengan nama sawo Belanda dan bernama latin Pouteria Campechiana ini memilki rasa unik karena merupakan campuran berbagai jenis buah mulai dari pisang, pepaya, dan ketela muthul serta seret. Buah alkesa memiliki warna oranye dengan kulit tipis dan halus, berbentuk lonjong serta melengkung.

Daging buah alkesa berwarna oranye dan memilki tekstur lembut. Buah inimemilki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh Anda, seperti menjaga kesehatan tulang karena memiliki kandungan kalsium dan mineral. Buah ini juga dipercaya dapat menjaga stamina karena mnegnadung karbohidrat dan vitamin C. Serat yang terkandung dalambuah ini juga tinggi sehingga baik bagi kesehatan sistem pencernaan Anda.

Itulah sedkit ulasan mengenai beberapa jenis buah-buahan khas Jawa Tengah yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke sana. Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *