5 Candi Budha Tertua Dunia, Borobudhur Paling Menawan

  • Share

Jatengkita.id – Agama Budha merupakan salah satu agama yang diakui di Indonesia dan dunia, yang berasal dari India. Agama ini berdasarkan pada ajaran-ajaran Siddhartha Gautama, yang oleh umat Budha dikenal sebagai “Sang Budha” .

Ajaran Budhisme yang bertujuan untuk melepaskan diri dari penderitaan dan siklus kelahiran kembali untuk mencapai nirwana. Ada sekitar 230-500 juta umat Budha yang tersebar di seluruh dunia.

Berikut, 5 kuil atau candi Budha yang paling terkenal dan tua di dunia, yang salah satunya berada di Indonesia.

1. SHIKOKU TEMPLE PILGRIMAGE, JEPANG

Foto : istock

Shikoku Henro atau Shikoku Junrei, adalah multi situs sejarah dari 88 candi yang berhubungan dengan biksu Buddha Kukai (Kobo Daishi) di pulau Shikoku, Jepang. Shikoku, merupakan pulau terkecil di empat pulau utama Jepang, jarang dikunjungi oleh wisatawan namun menawarkan Jepang yang lebih santai, lebih tradisional dengan atmosfer pedesaan. Jalur hiking peziarahnya, salah satu yang tertua di dunia, menghubungkan 88 kuil Budha di pulau itu dan beberapa resor pemandian air panas. Pada zaman feodal, rute 1.200 kilometer yang sangat indah membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menjelajahnya, tetapi saat ini Anda dapat menempuhnya dengan bus AC.

2. DUNHUANG, CHINA

Foto : Pixabay

Dunhuang merupakan kota tingkat kabupaten di Provinsi gansu Barat Laut, Tiongkok Barat. Dunhuang adalah perhentian utama Jalur Sutra Kuno dan terkenal karena Gua Mogao di dekatnya. Dunhang terletak di sebuah oasis yang berisi Danau Bulan Sabit dan Mingsha Shan, yang berarti “Gunung Pasir Bernyanyi”.

Dunhuang memiliki lukisan dan patung Budha yang paling terkenal di Tiongkok. Sekitar 500 gua (sekitar 30 gua dibuka untuk umum), yang dipahat antara abad ke-4 dan ke-10, berisi ribuan patung yang menunjukkan pengaruh Yunani, Persia, dan Hindu. Gua Buddha pertama di daerah Dunhuang dipahat pada tahun 353. Patung raksasa Budha tersenyum, para bangsawan Dinasti Tang bermain musik dan binatang berkeliaran menjadi mitos yang berkembang di sana. Sleeping Budha dan Gua 148 adalah destinasi terpopuler yang diincar para wisatawan.

3. WAT PHRA SINGH, THAILAND

Foto : PANUPONG ROOPYAI

Wat Phra Singh adalah kuil Budha di Chiang Mai, sebelah utara Thailand. Terletak di ujung jalan utama yang membentang ke timur dari kuil, melalui Gerbang Tapae, ke Sungai Ping. Pembangunan Wat Phra Singh dimulai pada 1345 pada masa pemerintahan Raja Phayu. Kompleks kuil yang dikelilingi pasar ini berdiri pada abad abad ke-14, dan memiliki suasana ketenangan yang mengejutkan. Hanya nyanyian biksu berjubah oranye yang menjadi latar kebisingan yang meneduhkan.

Kuil ini sebagian besar terbuat dari kayu, dengan Gilded Hall diukir dengan luar biasa dan dimahkotai oleh atap multi-tier. Di dalam, barisan biksu muda membaca kitab suci Budha di bawah patung Budha. Seluruh komplek kuil mengalami renovasi besar-besaran selama tahun 1920-an, dan banyak bangunan yang kembali dipugar pada tahun 2002.

4. SHWEDAGON PAGODA, MYANMAR

foto : airpano.com

Tumpukan stupa emas yang menakjubkan di atas bukit di pusat Yangon ini adalah situs religius paling penting di Myanmar. Pagoda emas ini adalah sebuah stupa atau pagoda setinggi 98 meter yang berlapis emas. Pagoda ini terletak di bagian barat Danau Kandawgyi, di bukit Singuttara, dan memiliki pemandangan indah kota Yangon. Selesai dibangun sekitar abad VI-X Masehi, pada masa Raja Okkalapa. Selain dikunjungi wisatawan, pagoda ini juga masih digunakan masyarakat yang datang untuk berdoa.

5. BOROBODUR, INDONESIA

foto : freepik.com

Candi Borobudur berlokasi di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dikelilingi oleh sawah dan hutan hujan di Jawa Tengah, kompleks candi dan stupa raksasa ini, dibangun pada abad ke-9. Borobudur merupakan salah satu monumen paling menakjubkan di dunia, dan struktur Budha terbesar. Teras batu dilapisi dengan stupa, ukiran relief dan patung Budha menutupi lereng bukit dan mewakili perjalanan dari keinginan duniawi ke nirwana. Pemandangan di atas pedesaan yang menakjubkan dan lanskap gunung Merapi adalah bonus di ketika Anda sampai puncak. Nikmati matahari terbenam di Borobudur yang memiliki pemandangan luar biasa, dijamin Anda hanya akan mendapatkannya di sini, tidak di tempat lain.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *